Minggu, 20 September 2015

Mengenal Motif Warna pada Kucing

Halo sobat Catlovers, kali ini saya pengen bahas tentang motif warna pada kucing. Motif warna tentu bisa jadi pertimbangan bagi para pemula untuk dapat memilih warna favorit yang disukai. Bagi seorang breeder kucing, motif warna juga dapat menjadi pertimbangan untuk motif warna anakan yang dihasilkan sehingga motif warna anak kucing yang dihasilkan diharapkan dapat sesuai dengan yang kita inginkan. Langsung aja inilah beberapa motif warna pada kucing peliharaan kita.

1. Motif Calico

Nah sobat catlovers yang pertama ini yaitu warna Calico. Calico ini pada dasarnya kucing yang memiliki motif 3 warna. Warna biasanya yaitu cream atau orange, hitam dan putih. Kucing dengan motif Calico memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan kucing motif lainnya. Tetapi perlu diketahui juga sobat bahwa kucing dengan motif Calico itu adalah kucing betina, jika ada kucing jantan yang lahir dengan motif Calico maka kucing tersebut biasanya tidak bisa hidup lebih lama lagi. Jika pun ada kucing jantan Calico yang bisa bertahan sampai dewasa itu bisa dihargai dengan harga yang lebih fantastis lagi sob. Contoh kucing dengan motif Calico yaitu Persia, Anggora, Exotic, kucing kampung.

2. Motif Tabby

Selanjutnya motif warna Tabby. Motif ini memiliki dua warna berbeda. Pada gambar diatas motif dasarnya berwarna putih keabuan sedangkan motif tambahannya berupa warna hitam. Lihat sobat bahwa warna hitam diatas terlihat melingkar-lingkar beraturan mengelilingi tubuh si kucing. Nah itu dia ciri khas kucing dengan motif Tabby ini. Selain contoh motif kucing diatas ada juga kucing dengan Motif lain yaitu Red Tabby dengan warna tambahan berwarna seperti karamel agak kemerahan. Contoh kucing dengan motif Tabby yaitu Persia, Anggora, Exotic dan Kucing Bengal.

3. Motif Tortie / Tortoiseshell

Motif warna kucing selanjutnya yaitu Tortie. Hampir sama dengan kucing motif Tabby, kucing dengan motif Tortie juga memiliki dua warna berbeda, tetapi persebaran warna pada kucing motif Tortie ini tidak beraturan sedangkan pada Tabby berpola melingkar beraturan. Itulah yang membedakan antara keduanya. Contoh kucing dengan motif ini yaitu Persia, Anggora dan Exotic.

4. Motif Bicolor

Motif bicolor sudah jelas dari kata tersebut. Bi artinya dua dan color artinya warna. Tetapi emang bedanya apa antara Bicolor dengan motif warna Tabby dan Tortie yang sama-sama dua warna. hehee jujur ane juga kagak ngerti. Yang jelas kucing dengan motif Bicolor ini terlihat 2 warna yang berbeda tetapi pembagiannya hampir merata. Pada Tabby dan Tortie terlihat ada warna dasar dan warna tambahan, sedangkan pada kucing Bicolor dari dua warna diatas hitam dan abu penyebarannya merata. Biasanya kucing dengan motif Bicolor pada wajahnya terlihat seperti memakai topeng karena pertemuan kedua warna tersebut. Jika ada motif putih biasanya putih dibagian bawah dan atasnya warna lain. Contoh kucing motif bicolor yaitu Persia, Anggora dan Exotic.

5. Motif Point

Nah untuk motif Point ini lebih mudah untuk membedakannya. Motif point juga terbagi dua yaitu sealpoint yaitu motif warna coklat tua dan Bluepoint yaitu motif coklat muda. Tentu saja kucing dengan motif khusus ini ada pada kucing jenis ras Himalayan atau Siam. Motif lainnya yaitu berupa warna putih yang menyebar ke seluruh tubuh sebagai warna dasarnya. 

6. Motif Solid

Motif solid merupakan motif yang paling mudah dibedakan karena motif ini hanya terlihat satu warna saja. Satu warna dasar memenuhi seluruh tubuh dari kepala sampai ke ekor. Motif Solid biasanya ada berbagai macam seperti White solid dan Black solid. Beberapa catlovers lebih menyukai motif white solid karena kucing terlihat lebih lucu dan bersih, sedangkan motif gelap seperti black solid menjadikan kucing terlihat lebih menyeramkan. Tetapi tidak sedikit pula yang menginginkan kucing black solid. Contoh kucing motif solid yaitu Persia, Anggora, Exotic dan kucing kampung.

7. Motif Maltese

Yang terakhir motif kucing Maltese. Ciri khas kucing dengan motif ini yaitu warna bulu satu seperti solid, tetapi memiliki warna khusus yaitu abu-abu. Warna abu pada motif ini benar-benar merata tanpa adanya warna lain. Contoh kucing dengan motif warna Maltese ini yaitu British shorthair.

Nah gimana sobat catlovers? udah dapet pertimbangan soal memilih kucing? semoga dengan sedikit informasi ini dapat memberi pencerahan kepada sobat catlovers sekalian terutama yang ingin memiliki kucing. Jangan sampai kita nyesel nantinya hehee. 

NB : Seperti biasa bila ada salah kata dan informasi mohon dikomentari dan dikoreksi. Terima Kasih







Tidak ada komentar:

Posting Komentar