Sabtu, 19 September 2015

Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Persia

Hallo Sobat, kali ini mau bahas sedikit informasi tentang kucing lucu yang satu ini yaitu Kucing Persia. Bagi sobat pecinta kucing atau mungkin bagi sobat yang ingin memiliki sahabat lucu kita satu ini semoga informasi ini dapat bermanfaat. Kucing persia merupakan kucing yang berasal dari Persia. Kucing berbulu panjang ini mulai populer di Eropa sejak abad ke-19, dan disukai karena sifatnya yang lembut, setia dan tidak terlalu beringas. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang sangat panjang dan tebal bahkan melebihi anggora, dengan kepala dan wajah yang lebar plus moncong pendek nyaris datar yang menjadi karakteristik spesialnya. 
Kucing Persia memiliki jenis yang berbeda, umumnya di Indonesia dikenal ada 4 kategori kucing persia yaitu :

1. Kucing Persia Medium

Kucing persia medium sesuai namanya, nama medium sendiri biasanya dilihat dari bentuk hidung si kucing tersebut. Hidung kucing persia medium cenderung lebih mancung dari jenis persia lainnya. Selain itu ada yang menyebutkan bahwa medium sendiri juga berlaku untuk bulu nya yang panjangnya biasa - biasa saja. Tapi menurut saya bulu kucing itu relatif tergantung asupan pakan yang baik. Karena banyak kucing persia jenis ini yang memiliki bulu lebih lebat. Harga kucing persia medium berkisar antara 600 - 800 ribu.

2. Kucing Persia Flatnose

Flat artinya rata, jadi flatnose bisa dikatakan hidung yang rata. Kadang banyak orang yang susah membedakan antara kucing persia medium dan flatnose. Menurut saya pribadi cara melihatnya sederhana yaitu dengan melihat dari samping. Hidung kucing flatnose rata dan sejajar dengan dahi nya sedangkan hidung persia medium lebih panjang daripada dahi nya. Gimana sobat? mudahkan bedainnya. Kucing jenis ini juga terlihat lebih lucu saat masih kitten (anak kucing) sehingga harganya juga relatif lebih mahal daripada kucing persia medium. Harga kucing persia flatnose berkisar antara 800.000 - 1.500.000.

3. Kucing Persia Himalayan
Kucing persia himalayan paling mudah untuk dibedakan yaitu dengan melihat tanda hitam di wajah, telinga dan keempat kaki nya. Warna lain pada tubuh yaitu putih. Harga kucing persia himalayan hampir sama seperti kucing persia medium.

4. Kucing Persia Peaknose

Peak artinya pesek. Jadi kucing persia peaknose merupakan kucing yang hidungnya pesek. Lihat saja digambar hidungnya mengangkat sampai mulutnya pun ke angkat. Sangat lucu kan sobat. Ditambah lagi kucing ini sangat identik dengan badannya yang gemuk sehingga makin terlihat menggemaskan. Harga kucing peaknose yang sangat lucu ini terbilang mahal karena kucing ini biasanya dijadikan andalan dalam lomba kontes kecantikan kucing. Harganya berkisar antara 2.000.000 - 4.000.000.

Perlu diperhatikan ya sobat kalau harga kucing persia di atas itu relatif. Bisa saja persia medium lebih mahal daripada flatnose atau flatnose lebih mahal daripada peaknose. Nilai jual yang diperhatikan yaitu kesehatan dan penampilan. Jadi meski kita punya kucing paling bagus tapi ngerawatnya gak bener tetap saja nanti beresiko menjatuhkan nilai jual kucing tersebut kan kasihan.
Nah gimana sobat, sudah tertarik untuk menambah teman yang menggemaskan dan super imut di atas? Semoga informasi ini menambah wawasan terutama bagi para pemula yang ingin memulai bersahabat dan membeli kucing jenis persia. Terima kasih ... ^_^

NB : Kalau ada salah mohon untuk dikoreksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar